Wednesday, October 25, 2023

Berbagi Dan Berkolaborasi, Inovasi Pembelajaran "Gamifikasi Mix-TIK pada pembelajaran Informatika""

Edit Posted by with 4 comments

 Berbagi dan Berkolaborasi

Inovasi Pembelajaran

"GAMIFIKASI Mix-TIK Pada MATA PELAJARAN INFORMATIKA"

        Gamifikasi memiliki prinsip kerja dari sebuah permainan yang diterapkan pada proses pembelajaran dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar dan memberi perubahan prilaku kepada siswa. Melalui gamifikasi ini peserta didik diharapkan dapat terlibat dalam setiap rangkaian permainan dalam menyelesaikan intruksi atau perintah yang ada. Gamifikasi yang saya implemntasikan di kelas 7 mata pelajaran Informatika yaitu menggunakan prinsip permainan Ular Tangga. Hal ini mungkin sudah menjadi hal biasa saja, namun di sini saya inovasikan dengan menambahkan beberapa teknologi yang menjadi daya tarik bagi generasi digital saat ini. beberapa teknologi yang saya libatkan adalah QR Code, Augmenetd Reality dan Virtual Reality. Oleh karena itu saya beri judul Gamifikasi Mix-TIK karena menggunakan beberapa gabungan Teknologi. 

         Setelah merancang gamifikasi Mix-TIK dengan menggunaka beberapa applikasi langkah selanjutnya adalah mengimplemtasikan inovasi tersebut di kelas. Inovasi pembelajaran yang kita lakukan memang tak selamanya akan langsung cocok, terkadang kita harus melakukan revisi  (trial and error). Jika ternyata pada saat implementasi pertama ada kendala, maka dilakukan revisi terlebih dahulu dan kemudian di uji kembali di kelas lain. Di saat inovasi yang dilakukan sudah OK dan layak digunakan selanjutnya diharapkan untuk berbagi agar inovasi yang kita lakukan bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi para pendidik.

            Pada Level PembaTIK 2023 Para Peserta yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti level 4 diberi predikat sebagai Sahabat Teknologi. Pada Level ini kita dibekali berbagai materi dan yang menjadi ugas utama adalah Berbagi dan Berkolaborasi. Dengan menerapkan model pembelajaran inovatif berbasis TIK berpusat pada murid (student Center Oriented) yang bersifat Kolaboratif dengan memanfaatkan Platfoam Teknology. Kemudian para peserta akan membagikan praktik baik yang sudah dilakukan melaui berbagai ruang tatap muka,  dan tatap maya serta di dokumentasikan melalui media sosial baik di Blog, Vlog (Youtube) Media sosial (FB, IG, TicTik, dan twitter) Berikut ini VLOG kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi yang saya laksanakan pada saat mengikuti serangkaian Tugas sebagai peserta PembaTIK Level 3 Tahun 2023


VLOG Berbagi dan berkolaborasi "Gamifikasi Mix-TIK pada Pelajaran Informatika"

    Rancangan Inovasi pembelajaran yaitu Gamifikasi Mix-TIK yang menggunakan prinsip dasar permainan ular tangga kemudian saya modifikasi dengan menambahkan teknologi QR Code, Augmented Reality, dan Virtual Reality. Untuk desain Ular tangga saya menggunakan Canva.com dengan menggunakan akun belajar.id saya bisa mengguakan banyak fitur secara lengkap. QR Code digunakan untuk mengkode link menuju Google Slide, Google Form, asemblr edu untuk tampilan Augmented Reality, dan Youtube untuk menonton Virtual Reality. Setelah merancang sebuah Inovasi pembelajaran yang berbasis TIK tersebut, selanjutnya adalah mengimplentasikan ke kelas. 

Berikut link menuju tata cara bermain Gamifikasi Mix TIK 

        Setelah selesai melakukan implementasi langkah selanjutnya adalah melakukan kegiatan berbagi dan berkolaborasi.  Rencana kegiatan berbagi dan berkolaborasi di tuliskan dalam Action plan, yang kemudian dipaparkan pada saat pertemuan maya (kuliah umum sinkron) antara para duta teknologi dan sahabat teknologi se-Sulawesi Tenggara . 

Berikut ini Action plan kegiatan saya, (silahkan di klik Link action plan berikut) https://drive.google.com/file/d/1fkzh3DDDsyeKQ6Ybqu0FkCNYyhssq5ZF/view?usp=sharing



Sebelum melakukan kegiatan berbagi dan berkolaborasi, saya terlebih dahulu ke kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe untuk meminta izin dan meminta dukungan dalam pelaksanaan kegiatan ini. Saya Jumiati, ST. bersama ibu Riskawati, S.pd.,M.Pd pada hari Rabu tanggal 18 Oktober 2023 pukul 07.30. Kami di sambut oleh ibu Sesi Serlita, SH.,Msi selaku perwakilan dari pihak Dinas Kabupaten Konawe. Beliau memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada kami para peserta PembaTIK level 3 perwakilan Kabupaten Konawe.


Foto dukungan bersama ibu Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan Kabupaten Konawe

Link berikut akan mengarahkan ke halaman blog berisi tentang kegiatan pelaksanaan audiensi dan pemberian dukungan dari perwakilan Dinas Pendidika dan Kebudayaan Kabupaten Konawe  https://jumiati.unaaha.com/2023/10/dukungan-dari-dinas-pendidikan-dan.html

    Pada saat ke Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe kami sekaligus membawa surat pengantar Pelaksanaan Kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi sebagai tindak lanjut setelah kegiatan  pengumuman peserta yang berhasil lolos sebagai peserta PembaTIK 2023 Level 4: 
Berikut saya lampirkan link surat pengantar permohonan dukungan (silahkan di klik)
        Berbagi dan berkolaborasi, salah satu penugasan yang diberikan pada peserta adalah berbagi praktik baik penerapan model pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan platform teknologi. Kegiatan dapat dilaksanakan secara tatap maya (Daring) maupun tatap muka (Luring) apabila memungkinkan. Sehubungan dengan hal tersebut, dengan hormat kami mohon dukungan Pihak Dinas dalam pelaksanaan tugas berbagi praktik baik peserta PembaTIK Level 4 . 

Adapun daftar nama peserta yang berhasil lolos ke level 4 dapat diakses pada laman https://s.id/pesertapembatiklevel4 
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi laman https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id

Berikut ini profil para peserta yang berhasil masuk 30 besar PembaTIK level 4 dari provinsi Sulawesi Tenggara. 




KEGIATAN BERBAGI DAN BERKOLABORASI


1. SMPN 1 TONGAUNA (secara Luring)
        Usai mendapat izin dan dukungan saya melanjutkan kegiatan yaitu kegiatan berbagi pertama kali yang saya lakukan di sekolah lain secara resmi 😊di SMPN 1 TONGAUNA. Dimana dihari sebelumnya kami sudah bertemu denga Kepala Sekolah yaitu Ibu Lina Andriana, S.Pd., M.Pd. dan beliau sangat menerima kedatangan kami untuk melakukan aksi berbagi di sekolahnya, dan memberikan kami waktu pada hari rabu 18 Oktober 2023 pukul 10.00-selesai. 

         Dalam Kegiatan Berbagi saya berkolaborasi dengan sahabat Teknologi dari SMKN 2 Konawe yaitu bapak Arham Amiruddin, S.Pd., Gr. 


        
        Alhamdulillah kegitan berbagi secara tatap muka (Luring) yang kami lakukan berjalan dengan lancar, dan bapak ibu gurunya antusias dalam kegiatan yang kami lakukan. 


        Kegiatan berbagi ini dihadiri oleh  13 peserta dan berikut saya lampirkan daftar hadir para peserta yang hadir di kegiatan berbagi dan berkolaborasi terkait inovasi pembelajaran berbasis teknologi. catatan ada beberapa peserta yang tidak sempat berfoto karena sedang keluar ruangan dan sedang menggendok bayinya yang sedang tertidur pulas


Dan berikut ini adalah link menuju blog kegiatan berbagi kami di SMPN 1 Tongauna. https://jumiati.unaaha.com/2023/10/kegiatan-berbagi-dan-berkolaborasi-di.html


2. SMPN 2 ABUKI (secara Luring)
       Kegiatan Berbagi Kedua saya lakukan di tempat saya bertugas yaitu di SMPN 2 ABUKI, dimana sebelumnya saya telah meminta izin kepada Kepala Sekolah bapak Askam.,S.Pd., M.Pd dan setelah berdiskusi dengan bapak ibu guru teman sejawat akhirnya disepakati bahwa kegiatan berbagi dilaksanakan pada hari Kamis 19 Oktober 2023 pada jam 09.30 sampai selesai.
        Kegiatan berbagi secara mandiri dan kepada individu sebenarnya sudah dilakukan setiap ada hal hal terkait TIK yang menjadi hal baru, biasanya para bapak/ibu guru di tempat tugas akan menkonsultasikannya kepada saya sebagai guru TIK. Nah pada rentang waktu yang diberikan untuk pelaksanaan tugas PembaTIK saya akhirnya berkesempatan untuk melakukan kegiatan berbagi secara resmi di depan rekan kerja. 
            Tidak hanya tentang Gamifikasi, saya pun membahas tentang Media Pembelajaran Interaktif serta sekilas tentang cara melaksanakan pelatihan Mandiri di platfoam Merdeka Mengajar. 

 Info lengkap terkait pelaksanaan Berbagi di SMPN 2 Abuki dapat dilihat di https://jumiati.unaaha.com/2023/10/kegiatan-berbagi-dan-berkolaborasi-di_26.html



           Awalnya saya merasa tidak percaya diri untuk melakukan kegiatan berbagi di depan teman kerja, namun ternyata mereka sangat antusia dalam mendengarkan apa yang saya sampaikan dan memunculkan banyak pertanyaan dan menajdi isnpirasi untuk kedepannya. 

Berikut daftar hadir teman yang sempat hadir di SMPN 2 ABUKI



            Dan yang menjadi pertanyaan utamanya adalah bagaimana cara membuat googleboard yang dipake untuk melihat Virtual Reality, bagaimana cara membuat QR Code, dll alhamdulillah semangat dan dukungan selalu mereka berikan kepada saya sebagai salah satu perwakilan dari sekolah kami untuk melaksanakan kegiatn PembaTIK level 4 ini.

2. SMPN 3 TONGAUNA (secara Luring)
    Kegiatan berbagi selanjutnya yaitu di SMPN 3 Tongauna. Pada Hari selasa 17 Oktober kami telah menghadap kepada Kepala sekolah bapak Olwin Laode Gorison Anasara, S.Pd. Alhamdulillah pintu terbuka buat kami (saya dan bapak Arham) untuk melaksanakan kegiatan berbagi di sekolah tersebut. dan disepakati bersama bahwa pelaksanaan berbagi pada hari jumat 20 October 2023 pada pukul 09.00. Bapak ibu guru sangat meerima kedatangan kami dan dengan serius mengikuti setiap rangkaian yang kami lakukan. Disini saya menyampaikan tentang pelaksanaan Gamifikasi di sekolah dan memperkenalkan tentang Media Pembelajarn Interaktif (MPI) yang saya buat pada level 3 PembaTIK. Klik link berikut untuk melihat detail kegiatan pelaksaan berbagi dan berkolaborasi di SMPN 3 Tongauna  https://jumiati.unaaha.com/2023/10/kegiatan-berbagi-dan-berkolaborasi-di_18.html

Berikut cuplikan video MPI saya yang sekaligus menjadi bahan berbagi saya secara tatap muka (Luring).  Link MPI nya dapat di akses di http://bit.ly/MPI-JumiatiST-PembaTIK-level3


Dari SMPN 3 Tongauna Mengharapkan ada tindak lanjut (kelanjutan) dari kegiatan berbagi kali ini yang telah dilakukan, mereka mengharapkan ada sesi khusu untuk membahas dan mempraktekkan cara menggunakan canva for education dalam membuat Media Pembelajaran Interaktif (MPI)

Saya juga telah melakukan praktek baik lainnya yang menggunakan Media Pembelajaran Interaktif (MPI). Berikut link menuju info lengkap pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi pada mata Pelajaran Informatika menggunakan MPI dan MPSE https://jumiati.unaaha.com/2023/10/pembelajaran-berdiferensiasi-pada-maa.html
 
Berikut jumlah peserta yang hadir dan daftar hadir pelaksanaan Kegiatan berbagi dan berkolaborasi yang telah kami lakukan di SMPN 3 Tongauna


Dokementasi kegiatan dan testimoni dari bapak ibu guru dari SMPN 3 Tongauna


2. Webinar di PMM (secara Daring)
        Berbagi saya lakukan secara daring (tatap maya) saya lakukan dengan berkolaborasi dengan bapak Rio Eko Wiryanto Sahabat teknologi dari SD Negeri 8 Oheo Kabupaten Konawe Utara dan ibu Sri Wulandari Idris Sahabat Teknologi dari SMKN 3 Kendari. Kami bertiga membuat group di Whatsapp dalam menentukan tema, menentukan flyer, dan berdiskusi terkait pelaksanaan webinar yang dilaksanakan Pada Hari Jumat tanggal 20 Oktober 2023 pukul 19.30-21.30 WITA

Flyer kegiatan webinar


Opening oleh ibu Duta teknologi Sulawesi Tenggara

Peserta webinar mencapai 50 orang dan yang sempat bertahan sampai pada sesi akhir dan melakukan absensi adalah sekitar 40 orang dan berikut link untuk mengakses daftar hadir webinar   https://drive.google.com/file/d/1aYXwzR39JBo_ALnpzrr1tUb71q6P7wO8/view?usp=sharing



Berikut Rekaman pelaksanaan Webinar pada saat sesi saya sebagai Narasumber ke 3




Sesi akhir yaitu sesi photo



Penutup
Demikianlah serangkaian kegiatan yang telah saya lewati selama menjadi bagian dari peserta Pembatik Level 4 Berbagi dan Berkolaborasi yang diberi predikat sebagai Sahabat Teknologi 2023. Begitu banyak Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti kegiatan PembaTIK ini, mulai dari level 1 : Literasi ; Level 2 Implementasi ; level 3 Kreasi dan Level 4 Berbagi dan Berkolaborasi.

Terkhusus di level 4 ini saya menjadi memiliki keberanian untuk berbagi ke para pendidik di sekolah lain dan bahkan dari kabupaten dan provinsi lain. Baik itu secara Daring dan Luring, dan ini menjadi pengalaman berharga bagi saya, mengingat selama ini kegiatan berbagi hanya di lingkup sekolah dan teman dekat saja dan itupun tidak resmi 😊 

Terimakasih😊



4 comments:

  1. Keren , sangat menginspirasi, konawe guru nya hebat hebat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak pak guru hebat.. Bapak juga adalah salah satu guru hebatnya sultra

      Delete
  2. Replies
    1. Terimakasih banyak bu guru hebat yang selalu menjadi inspirasi..

      Delete