Wednesday, October 18, 2023

Pembelajaran Berdiferensiasi Pada mata pelajaran Informatika menggunakan MPI dan MPSE

Edit Posted by with No comments

Perkembangan Teknologi saat ini juga sangat mempengaruhi dunia pendidikan. Seiring perkembangan teknologi para siswapun saat ini memiliki ketertarikan belajar jika pembelajaran kita mengikuti perkembangan zaman, mereka akan lebih bersemangat disaat model pembelajaran kita berbasis Teknologi Informasi dan Komunikai. Pembelajaran Untuk itulah para pendidik diharuskan untuk memiliki kecakapan dalam dunia digital. Pendidik juga harus menjadi pribadi yang kreatif, mampu mengajar pada kondisi apapun, mendidik, menginspirasi serta . 

Pada Kurikulum terbaru yaitu Kurikulum Merdeka disediakan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek). PMM ini merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk pendidik dalam mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki fitur Belajar, Mengajar, dan Berkarya. Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka, dalam fitur Mengajar, ada fitur Perangkat Ajar yang dapat digunakan oleh Guru dan Tenaga Kependidikan dalam mengembangkan diri, saat ini tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka. 

Dalam rangka merayakan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023 dengan terus belajar, berkarya, dan berbagi inspirasi kepada para pendidik se-Indonesia dalam rangka menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik demi kemajuan pendidikan Indonesia. Pemerintah akan memberikan penghargaan kepada GTK yang telah melakukan inovasi dan memberi inspirasi bagi rekan sejawat dan masyarakat. Pemberian Penghargaan kepada GTK yang inovatif dan inspiratif di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merupakan salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah atas prestasi dan kinerja yang dihasilkan. 

Penghargaan ini diharapkan dapat lebih memotivasi dan meningkatkan profesionalisme dan budaya inovatif di kalangan GTK untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Dalam kegiatan pembelajaran alangkah baiknya sebagai pendidik/guru untuk mengembangakan kemampuannya dalam memilih metode ataupun media dengan baik dan tepat. Alangkah baiknya pula jika sesekali menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi (TIK). 

 Maka dari itu saya tergerak untuk mulai aktif menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM) sekaligus bermaksud untuk mengikuti program apresiasi Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023 dalam kategori GTK Inovatif sebagai wujud partisipasi saya sebagai seorang guru untuk meramaikan program pemerintah sekaligus melatih kemampuan saya dalam melakukan gerakan dalam ekosistem pendidikan yang lebih baik untuk Indonesia Tercinta. Adapun konten karya yang saya pilih adalah “Praktek baik “Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Informatika Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) dan Media Puzle Stick Es (MPSE)” sebagai wujud saya sebagai pendidik yang mulai mengikuti perkembangan Teknologi.

0 comments:

Post a Comment