Wednesday, October 25, 2023

Pelaksanaan dan Cara Bermain Gamifikasi Mix-TIK dalam Pembelajaran Informatika di Kelas 7 (Fase D)

Edit Posted by with No comments
     
        Di Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Informatika kembali menjadi Mata Pelajaran Wajib, dan saya sebagai guru TIK yang bertugas untuk mengajarkan Materi tentang Informatika di SMPN 2 ABUKI yang terletak di desa Padangguni Kabupaten Konawe. Pembelajaran yang saya berikan sebisa mungkin saya harus siapkan berbagai model, hal ini bertujuan agar para peserta didik selalu tertarik dalam belajar informatika. Inovasi dalam pembelajaran memang sangat dibutuhkan untuk menciptakan suasana belajar yang bervariatif dan tidak menoton. Belajar gak melulu harus duduk rapih, baca buku, mendengarkan guru menjelaskan, kerjakan tugas, namun belajar juga bisa dilakukan sambil bermain.            
        Oleh karena itu saya melakukan inovasi dalam pembelajaran yaitu menerapkan Gamifikasi pada mata pelajaran informatika. Pada model gamifikasi prinsip kerja dari sebuah permainan diterapkan pada proses pembelajaran dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar dan memberi perubahan prilaku kepada siswa. Melalui gamifikasi ini diharapkan dapat terlibat dalam setiap rangkaian permainan dalam menyelesaikan intruksi atau perintah yang ada. Gamifikasi yang saya implemntasikan di kelas 7 mata pelajaran Informatika yaitu menggunakan prinsip permainan Ular Tangga. Hal ini mungkin sudah menjadi hal biasa saja, namun di sini saya inovasikan dengan menambahkan beberapa teknologi yang menjadi daya tarik bagi generasi digital saat ini. beberapa teknologi yang saya libatkan adalah QR Code, Augmenetd Reality dan Virtual Reality. Makany saya beri judul Gamifikasi Mix-TIK karena menggunakan beberapa gabungan Teknologi. 
         Model Ular Tangga saya desain di Canva.com (Canva For Education) dengan menggunakan akun belajar.id. Di Canva disediakan banyak template ular Tangga (Snake and Leader).
Gambar 1 LeaderBoard Ular Tangga yang terdapat QR Code

Untuk dadu saya mencari di Google template dadu yang hanya terdapat angka, 1, 2, dan 3 saja, karena lintasannya sedikit jadi saya tidak menggunakan dadu 1-6. template dadu saya print kemudian saya tempelkan di karton wadah snack ( kardus yg tdk terlalu tebal) kemudian digunting/di cutter . Berikut model dadunya




        Inovasi dengan Gamifikasi ini kemudian saya implentasikan di kelas, dan terlihat para peserta didik sangat tertarik dan penasaran untuk memainkannya. setelah mendengarkan aturan main, dengan penuh semangat mereka memainkan dan menjalankan setiap intruksi dari QR code yang mereka dapat.

Berikut saya lampirkan video dokumentasi kegiatan pembelajaran informatika dengan gamifikasi MixTIK.
 

 Cara bermainnya :
1. Peserta didik bergantian melempar dadu, bagi yang mendapat angka 1 maka akan mulai masuk di star dan melakukan scan QR Code yang langsung terhubung ke link Google slide yang berisi 
2. Setelah memasuki Star dan menyelesaikan intruksi selanjutnya siswa tersebut melempar dadu dan melangkah sesua angka dadu yang diperoleh, dan kemudian melakukan lagi scan QR-Code. setiap QR Code terkoneksi dengan Link yang berbeda beda. 
  • ada yang terlink ke Google Slide untuk intruksi terkait mencatat/mencari materi, jika selesai melaksanakan intruski masa dipersilahkan untuk melangkah.
  • ada yang terlink ke Google Form untuk soal-soal yang harus di jawab jika dijawab benar maka lanjut melangkah, jika di jawab salah maka akan tetap di tempat atau bahkan turun jika mendapatkan kepala ular.
  • ada yang terlink ke asemblr edu, disini siswa dapat melihat tampilan Augmented Reality (AR) Terkait dengan Materi
  • ada yang terlink ke Youtube, dan posisi ini diperoleh di ujung/finish dan menjadi reward bagi peserta didik dengan menikmati video hiburan Virtual Reality
Dalam Gamifikasi ini pastinya dibutuhkan HP android yang digunakan untuk scan QR Code dan sudah terinstal applikasi Asemblr edu. disamping itu juga dibutuhkan alat yang digunakan untuk melihat video Virtual Reality (VR). Alat yang saya gunakan untuk melihat virtual reality sangat mudah untuk dibuat sendiri hanya menggunakan beberapa bahan saja dan bahannya dari barang bekas yaitu kardus dan botol air minum kemasan. 
untuk tutorial pembuatan alat untuk melihat Virtual Reality yaitu Googleboard dapat dilihat di link ....

0 comments:

Post a Comment