Thursday, October 26, 2023

Kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi di SMPN 2 ABUKI

Edit Posted by with No comments
        Adanya transformasi di dunia pendidikan di Indonesia telah mengubah pembelajaran konvensional
menjadi pembelajaran digital. Dengan integrasi Teknologi Informasi  dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran menjadi tanda bahwa dalam pembelajaran Abad 21, peran TIK bukan lagi sebagai tujuan pembelajaran melainkan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran (dikutif dari modul 15 PembaTIK).
        Untuk itu penting bagi kita sebagai seorang guru untuk melek teknologi dan harus memiliki kemampuan di bidang TIK. sebagai seorang guru bimbingan TIK saya harus mampu memberikan bimbingan dan menfasilitasi TIK bagi peserta didik, sesama guru mata pelajaran dan tenaga kependidikan di sekolah untuk memanfatkan TIK sebagai sumber dan/atau sarana belajar di sekolah. Kegiatan menfasilitasi dan membimbing bisa dianggap sudah sering dilakukan dilingkup sekolah sendiri atupun teman-teman dekat. 
        Namun pada level 4 kegiatan PembaTIK tahun 2023 saya ditugaskan untuk berbagi praktek baik dilingkungan sekolah yang menjadi pesertanya adalah teman kerja sendiri dalam hal ini adalah bapa ibu guru hebat dan bahkan lebih senior dari saya. Rasa canggung dan tidak percaya sebenarnya muncul, namun untuk menyelesaikan tugas dan kewajiban saya sebagai peserta PembaTIK yag berhasil lolos dan di beri status sebagai Sahabat Teknologi maka kegiatan ini harus saya lakukan. Hal ini menjadi moment penting bagi saya. Saya sangat berterima kasih kepada atasan saya Bapak Askam, S.Pd., M.Pd yang telah memberi dukungan dan menyetujui kegiatan berbagi yang saya lakukan di sekolah. Terimakasih yang tak terhingga juga saya ucapkan kepada seluruh bapak dan ibu guru dan staf yang senantiasa memberikan saya kesempatan untuk mendengarkan pemaparan dari saya mengenai inovasi pembelajaran yang telah saya lakukan. 



0 comments:

Post a Comment